Umum

Teknik Produksi BIB Lembang

a)      Sanitasi Kandang dan Ternak

Sanitasi kandang adalah upaya terlaksana penjagaan kebersihan kandang, dan lingkungan ternak yang meliputi keadaan kandang dan peralatan kandang, sedangkan sanitasi ternak adalah suatu usaha menjaga kesehatan ternak supaya tidak mudah terserang penyakit, sehingga dapat memberikan produksi yang maksimal.  (Omat Ram, 2003).

 

Sanitasi kandang di Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang dilaksanakan dengan cara membersihkan lantai kandang, tempat pakan, tempat minum dan saluran pembuangan kotoran, sedangkan sanitasi ternak yaitu dengan cara membersihkan bagian badan sapi di daerah lipatan paha sampai bagian belakang tubuhnya dibersihkan dari kotoran.

 

Sanitasi kandang sapi di balai dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pukul 07.00 WIB, dan pada pukul 13.00 WIB,. Sedangkan untuk sanitasi ternak dilakukan 1 kali dalam sehari, yaitu pukul 07.00 WIB.

b)     Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada ternak yang cukup memadai, merupakan kunci sukses suatu peternakan jumlah dan mutu pakan yang baik dapat menumbuhkan sifat genetik yang baik, menurut Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat (2002), pakan ternak mempunyai peran penting dalam pemeliharaan pengaruhnya terhadap produktivitas ternak, kurang lebih 70 %.

 

Pemberian pakan secara ekonomis dan teknis dilandasi beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

  1. Kebutuhan hidup pokok
  2. Kebutuhan pertumbuhan
  3. Reproduksi
  4. Kebutuhan untuk produksi ( semen )

 

Dimana pemberian pakan yang baik dan benar dapat memberiakn pengaruhyang nyata terhadap peningkatan produktivitas ternak, sehingga dalam pemeliharaan ternak sapi pakan memiliki peran yang sangat penting, dalam pemberian pakan ini harus sesuai dengan kebutuhan ternak, sehingga ternak dapat menghasilkan produksi yang maksimal.

 

 

 

 

  1. 1.      Hijauan

Hijauan adalah merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan serat kasar yang cukup tinggi dengan kandungan proteinnya rendah, dimana hijauan ini merupakan makanan pokok bagi ternak ruminansia yang berasal dari rumput, daun, leuguminosa, dan limbah pertanian.

 

Jumlah pakan yang diberikan pada ternak sapi di Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang, sebanyak 65 kg.  Dimana jenis hijauan yang diberikan yaitu berupa rumput pertanian antara lain, yaitu rumput gajah (Pennicetum Purpureum), dan rumput lapsngan.

 

Frekuensi pemberian hijauan pada sapi di Balai diberikan 3 (tiga) kali dalam sehari, yaitu pada pukul 08.00 WIB, pukul 13.00 WIB,dan pukul 14.30 WIB.

Tabel 1. Jumlah pemberian hijauan di Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang /ekor/hari.

Tabel jumlah pemberian pakan hijaun

No

Komposisi

Pagi (kg)

Siang (kg)

Sore (kg)

Jumlah (kg)

1

Rumput gajah

25 kg

15 kg

25 kg

65 kg

Sumber : Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang


  1. 2.      Konsentrat

Konsentrat adalah pakan ternak yang mengandung serat kasar rendah energi dan BETN yang tinggi serta mudah dicerna oleh ternak (Tillman et al., 1998). Konsentrat dapat pula diartikan sebagai bahan pakan penguat yang dipergunakan bersama bahan pakan lain, untuk meningkatkan gizi dan dimasukan untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen atau pakan pelengkap (Hartadi et al., 1997).

 

Tabel 2.  Analisis konsentrat di Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang

No

Zat gizi

%

1.

Air

Max 12.0

2.

Protein

Max 16 –  18

3.

Lemak

Max 3,5

4.

Serat

Max 12

5.

Abu

Max 10

6.

Calcium

Max 0,8 – 0,9

7.

Phosphor

Max 0,5 –  0,6

8.

TDN

Max 60 – 75

 

Jumlah

100

Sumber : Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang

 

Bahan – bahan yang dipakai, jagung, bungkil kedelai, mollases, bungkil kelapa,  pecahan gandum, bungkil kacang tanah, tepung daun, canola, phosphorus, vitamin, trace mineral dan anti oksidan.

 

Jumlah pakan konsentrat yang diberikan pada ternak sapi di Balai Inseminasi Buatan ( BIB) lembang, adalah sebanyak 6 kg/ekor/hari

 

Frekuensi pemberian konsentrat pada sapi di Balai Inseminasi Buatan (BIB) lembang di berikan 2 (dua) kali dalam sehari, yaitu pukul 07.15 WIB dan 13.00 WIB, dengan pemberian 4 kg pada pagi hari dan 2 kg pada sore hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s