Lain - Lain

KANDANG DAN PERLENGKAPAN TERNAK KELINCI

Kelinci bisa ditempatkan di kandang yang modern ataupun kandang yang sangat sederhana.tergantung kepada kondisi lokal situasi, tingkat usaha dan modal.

Hal -hal yang perlu diperhatikan dalam perkandangan yaitu :

Lokasi kandang, perlu memperhatikan kecukupan mendapatkan sinar matahari pagi, lingkungan kandang yang bersuhu sejuk (15 – 20 derajat dan kelembaban 60 – 90 %), tempat harus kering,lingkungan tenang dan jauh dari rumah.

Bentuk kandang, bisa dibangun dalam berbagai bentuk , sesuai dengan selera peternak . Bentuk kandang kelinci antara lain 1) sistim postal yaitu bangunan kandang tanpa halaman pengumbaran sehingga kelinci tidak dilepas sama sekali tetapi sepnjang hari berada dalam kandang, 2) sistim ren yaitu bangunan kandang buat sekelompok kelinci yang diberi halaman pengumbaran, sehingga mereka bisa bermain secara bebas di halaman. 3) sistim batterai yaitu bangunan kandang yang dibuat seperti bentuk sangkar secara berderet-deret menyerupai batterei, masing-masing sangkar diperuntukkan buat satu ekor kelinci. Masing-masing deretan Batterai bisa dibangun secara tersusun.
Kandang yang dianjurkan untuk memelihara kelinci adalah kandang sistim baterai yang dibangun secara bersusun atau bertingkat.

Bangunan kandang, dapat terbuat dari kayu, kawat atau gabungan keduanya. Perlu diperhatikan dinding kandang, ventilasi dan cahaya.. Untuk menghindarkan angin langsung dan air hujan masuk, maka sekeliling kandang harus ada dinding. Dinding bisa dibuat dari bambu atau papan.Demikian juga dengan ventilasi (jalan keluar masuknya udara) harus cukup sehingga bisa mengeluarkan udara kotor dan udara segar masuk ke dalam kandang. Cahaya juga perlu supaya dalam kandang terang dan sinar matahari pagi bisa masuk.
Lantai kandang dibuat dari bilah bambu/ kayu/ kawat. Lantai kandang bertingkat lebih baik menggunakan bilah bambu atau kawat kasa yang dibawahnya diberi alas seng. karena kotoran kelinci langsung jatuh keluar kandang .Untuk ukuran kandang sangat tergantung pada besar kecilnya kelinci dan jumlah yang dipelihara.Ukuran kandang tipe sedang panjang 120 cm, lebar 75 cm dan tinggi 40 cm. Sedang untuk tipe berat ukuran kandang panjang 180 cm, lebar 75 cm dan tinggi 50 cm. Untuk memudahkan pembersihan, pintu kandang harus cukup besar. Lewat pintu dengan mudah bisa mengeluarkan dan memasukkan tempat pakan, minum dan keperluan lainnya. Ukuran pintu kandang 35 cm x 40 cm.

Perlengkapan Kandang, meliputi tempat makan dan minum serta kotak sangkar. Agar supaya kandang selalu bersih dan kelinci sewaktu-waktu bisa makan atau minum maka perlu disediakan tempat makan dan minum berupa bilah bambu semacam rak untuk pakan hijauan dan untuk pakan konsentrat berupa kotak kecil atau kaleng bekas.
Kotak sangkar diperlukan untuk menyediakan tempat yang nyaman bagi induk yang melahirkan, sekaligus tempat berlindung bagi anak-anak kelinci yang baru lahir. Ukuran kotak sangkar panjang 40 cm, lebar 30 cm dan tinggi 30 cm.Pintu masuk kelinci berukuran 15 cm x 20 cm.Kotak sangkar ditempatkan di dalam kandang.. Bahan sarang dari papan atau kotak bekas.. Kotak sangkar harus ada ventilasi dan drainase ( lubang kecil-kecil pada bagian alas sehingga air kencing bisa mengalir keluar). Pada saat induk sudah akan beranak , kotak perlu diberi jerami kering.yang digunakan untuk persiapan membuat sarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s