Sapi Potong · Ternak Sapi

Memilih Bibit Sapi Bali Baik Untuk Penggemukkan

Sapi bali adalah sapi domestik yang berasal dari Bali Sapi ini mumi merupakan keturunan langsung dari sapi liar (banteng) yang telah mengalami domestikasi (penjinakan) sejak berabad-abad lalu. Penyebaran sapi bali meliputi daerah Bali, NTB, NTT Sulawesi belatan. dan Lampung. Keaslian sapi domestik ini dipertahankan secara mumi di Bali. Di Sulawesi dan pulau-pulau lain. sapi bali banyak disilangkan dengan sapi ongole. Keunggulan sapi bali di antaranya mutu daging dan daya reproduksmya bagus sehingga jenis sapi ini menjadi primadona dikalangan petemak sapi di Indonesia. Populasi sapi bali mencapai ar 2,6 juta ekor atau sekitar 26 dari populasi sapi potong di Indonesia. Jenis sapi ini cocok dikembangkan di dataran rendah yaitu di tempat dengan ketinggian di bawah 100 m dpl.

Salah satu keunikan dan sekaligus menjadi kelebihan sapi bali yaitu tingkat kesuburannya tinggi dan mudah beranak. Jarak beranak lebih cepat dari sapi eropa dan sapi zebu. Dagingnya bertekstur lembut dan tak berlemak. Selama ini, sapi bali menyuplai kebutuhan daging pasar lokal. yaitu untuk rumah tangga, hotel, restoran, dan industri pengalengan. Pada tahun 1970-an, sapi bali diekspor untuk memenuhi permintaan daging di pasar Singapura, Malaysia, dan Hongkong. Sapi jantan dewasa berwarna hitam dengan kepala yang lebar. Otot di bagian leher terlihat kompak dan kuat. Dada lebar dan berdaging tebal. Pantat putih berbentuk setengah bulan dan ujung ekor berwarna hitam. Bagian lutut ke bawah berwarna putih.

Berbeda dengan sapi jantan, sapi betina dewasa berwarna merah. Kepala panjang, halus, sempit, dan dengan tanduk yang kecil serta pendek. Lehemya terlihat ramping bila dibandingkan sapi jantan. Pada bagian punggungnya terdapat garis berwarna putih seperti Bakalan sapl bali. Menjadi primadona petemak sapi Indonesia belut. Sama seperti halnya pada sapi jantan, pantat sapi betina juga berwarna putih dan berbentuk setengah bulan. Bagian lutut ke bawah pun berwarna putih juga. Ujung ekor berwarna hitam. Umur masak kelamin antara 16-24 bulan. Bobot sapi bali jantan dewasa antara 375-400 kg dan sapi betina dewasa 275-300 kg. Bobot anak sapi saat lahir 13-16 kg. Kenaikan bobot per hari antara 0,35-0,66 kg. Persentase kar- kas 56-57 dengan perbandingan daging dan tulang 4,44 : 1.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s