Pakan

Program Aplikasi Formulasi Ransum untuk Menghitung Kebutuhan Pakan

Sumber Gambar: http://www.google.co.id

Usaha penggemukan sapi potong dan sapi perah membutuhkan dukungan ransum berimbang dan rasional, dalam rangka menghasilkan keuntungan maksimal. Ransum berimbang dan rasional dapat disusun dengan metode tertentu. Dalam hal ini, aplikasi metode menyusun/memformulasi ransum di kalangan usaha peternakan rakyat, membutuhkan bantuan perangkat teknik khususnya untuk menyusun ransum harian.

BPTP Jawa Timur telah membuat “Program Aplikasi Formulasi Ransum” untuk penggemukan sapi potong dan sapi perah laktasi yang sederhana dan terbukti memiliki tingkat akurasi cukup tinggi. Selain itu, perangkat teknik ini juga mempunyai keunggulan dalam hal pengoperasian, karena sederhana dan hanya membutuhkan waktu singkat (sekitar 5 sampai 10 menit). Selain itu, perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan informasi kandungan nutrisi bahan – bahan pakan, yang sangat umum tersedia di wilayah Jawa Timur sehingga tidak menyulitkan peternak untuk mendapatkannya.

Respon di kalangan peternak terhadap inovasi ini cukup bagus, dengan diterimanya teknologi secara luas di kalangan peternak, utamanya di sentra-sentra usaha pengemukan sapi potong dan sapi perah serta di kalangan penyuluh/petugas lapang peternakan di Provinsi Jawa Timur.

5 thoughts on “Program Aplikasi Formulasi Ransum untuk Menghitung Kebutuhan Pakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s