Pakan

Rumput Potong Sumber Hijauan Pakan Ternak Ruminansia

Sumber Gambar: http://pararto.files.wordpress.com
Hijauan seperti rumput dan legum merupakan pakan utama ternak ruminansia karena 70 pakan ternak ruminansia berupa hijauan. Ratusan spesies rumput tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Rumput di daerah subtropis umumnya lambat menjadi tua sehingga nilai nutrisinya lebih tinggi daripada yang tumbuh di daerah tropis yang cepat menjadi tua. Paspalum, rumput mulato, setaria, dan panicum adalah rumput potong yang berproduksi tinggi sebagai sumber hijauan.

Peternak umumnya mengalami kesulitan dalam menyediakan hijauan pakan. Terbatasnya lahan sering menyebabkan peternak harus menyediakan waktu lebih banyak untuk memberi makan ternaknya, baik dengan menggembalakannya maupun mencari pakan ke tempat yang jauh dari tempat tinggal mereka. Peternak umumnya menggembalakan sapinya di lahan kosong, pinggirjalan, pematang sawah atau sekitar hutan. Untuk memenuhi kebutuhan pakan, peternak dianjurkan untuk merencanakan sumber pakan ternaknya. Dengan perencanaan yang tepat, jumlah sapi yang akan dipelihara dapat disesuaikan dengan sumber pakan yang tersedia, juga.

jenis-jenis pakan yang perlu dipersiapkan agar kebutuhan pakan sapi terpenuhi sepanjang tahun dari lahan yang dimiliki tanpa harus mencarinya ke tempat yang jauh. Rumput alam yang tumbuh di lahan petani dapat menjadi sumber hijauan pakan, namun produksi dan nilai gizinya rendah. Beberapa jenis rumput introduksi merupakan sumber hijauan pakan yang berproduksi tinggi dengan nilai gizi yang baik. Jenis rumput ini dapat dibudidayakan di lahan kosong, misalnya sepanjang pinggir pagar pembatas lahan, tampingan teras bangku, dan lahan berlereng secara strip atau lajur memotong kemiringan lereng. Dengan demikian, membudidayakan rumput introduksi dapat menjadi pilihan bagi peternak dalam menyediakan hijauan pakan. Petani dapat memilih beberapa jenis rumput introduksi berikut ini sesuai dengan keinginannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s