Tanaman Hias

BUDI DAYA SRI REJEKI (Aglaonema sp)

Sumber Gambar: http://indonesiaindonesia.com
Sri Rejeki (Aglaonema) termasuk salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh di sudut-sudut ruang yang gelap. Tanaman ini tumbuh baik di tempat yang mendapatkan sinar matahari. Tetapi, Sri Rejeki (Aglaonema) memiliki daya adaptasi yang baik terhadap tempat yang kekurangan cahaya. Oleh karena itu, Sri Rejeki (Aglaonema) sangat cocok sebagai tanaman hias di dalam ruangan.
Jenis-jenis Sri Rejeki (Aglaonema):
1.Aglaonema commutatum
Jenis Aglaonema ini memiliki daun berbentuk seperti tombak, tetapi ada juga yang langsing atau gemuk. Tepi daun rata, ukuran daun umumnya adalah lebar 5-8 cm dan panjang 16-20 cm. Bentuk daunnya beraneka ragam tergantung pada varietasnya. Batang tanaman liat, sehingga sulit dipatahkan, duduk daun pada batang tidak beraturan.
Dari jenis Sri Rejeki (Aglaonema) ini kita kenal berbagai varietas yang cukup popular sebagai berikut: a) Aglaonema “Silver Queen”. Varietas ini memiliki daun warna dasar hijau dengan sirip-sirip berwarna perak keabu-abuan yang hampir memenuhi seluruh daun.(b) Aglaonema “Pseudo-bractetum” (“White Rajak”). Varietas ini mempunyai warna dasar daun hijau, tetapi sirip-siripnya berwarna kekuning-kuningan hampir memenuhi seluruh bagian daun sehingga seolah-olah seluruh daun barwarna dasar kuning. Demikian pula, warna tangkai daunnya berwarna kuning (c) Aglaonema commutatum Treubi. Varietas in memiliki warna dasar daun hijau tua yang dihiasi sirip-sirip berwarna hijau muda kebiru-biruan bentuk daun ramping (d) Aglaonema roebellini. Varietas ini memiliki warna daun hijau dengan sirip siripnya berwarna biru muda keperakan. Apabila dibandingkan dengan varietas lainnya, varietas ini memliki ukuran daun yang lebih besar (e) Aglaonema “Malay Beauty” Varietas ini memiliki warna daun hijau tua dan dihiasi dengan sisip-sirip berwarna perak (f) Aglaonema “Nitidum Curtisii”. Varietas ini memiliki warna daun hijau kebiruan dan dihiasi sirip-sirip berwarna perak. Sirip-sirip tersebut berbentuk kecil panjang seperti duri ikan sampai pada tepi daun.
2.Aglaonema costatum (Spotted Chinese Evergreen)
Jenis Aglaonema ini memiliki warna daun hijau tua mengkilap dan dihiasi tulang rusuk utama berwarna putih. Seluruh permukaan daun dihiasi dengan warna bintik-bintik putih. Jenis tanaman ini membentuk rumpun yang lebat. Bentuk daun seperti hati, berukuruan panjang 15 cm, lebar 7,5 cm. Ketinggian tanaman tidak lebih dari 25 cm.
3. Aglaonema modestum (Chinese Evergreen)
Aglaonema jenis ini memiliki warna daun hijau polos. Bentuk daunnya pendek dan lebar.
4. Aglaonema “Pride Sumatra”. Jenis Aglaonema ini mempunyai warna daun merah dominan dari hijau.
Persyaratan Tumbuh dan Perlakuan
1.Kebutuhan Cahaya. Aglaonema tumbuh bagus di tempat yang memperoleh cahaya tidak langsung ataupun di tempat yang teduh. Jika yang tersedia hanya cahaya buatan, maka membutuhkan cahaya yang berkekuatan minimal 150 f.c
2.Kebutuhan Suhu
Jenis tanaman Aglaonema ini membutuhkan suhu lingkungan pada siang hari 75°C-85°C, dan pada malam hari 65°C-70°C.

3. Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman Aglaonema terdiri atas campuran satu bagian tanah, satu bagian kompos atau moss, dan satu bagian pasir. Setiap 4,5 kg media tersebut ditambah 1,5 sendok teh super phosphate 20%, 1 sendok makan tepung tulang, dan 2 sendok teh pupuk 5 – 10 – 5.

4. Pemupukan
Pelaksanaan pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali

5. Pengepotan kembali
Pengepotan kembali (repotting) sekaligus mengganti media baru dilakukan pada saat tanaman sudah memadati seluruh permukaan pot. Pengepotan tersebut bisa dilakukan pada setiap waktu.

6. Penempatan Pot di dalam Ruangan
Walaupun tanaman ini memiliki daya toleransi terhadap cahaya yang intensitasnya rendah cukup bagus, namun tanaman tersebut sebaiknya ditempatkan di tempat yang memperoleh cahaya cukup, misalnya, di dekat jendela atau pintu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s