Sapi Perah · Ternak Sapi

MANAJEMEN PEMELIHARAAN SAPI DONOR, RESIPIEN DAN PEDET HASIL TE

Untuk mendapatkan hasil maksimal, seorang peternak sapi haruslah mengelola usaha peternakannya dengan baik. Tak terkecuali ternak sapi dengan status donor, resipien maupun pedet hasil Transfer Embrio (TE). Salah satu dari bagian pengelolaan tersebut adalah pemeliharaan. Pemeliharaan yang baik tidak cukup hanya sekedar memenuhi syarat-syarat yang utama saja, akan tetapi betul-betul seluruh tahapan kegiatan dalam pemeliharaan tersebut dilaksanakan secara total dan telaten.

Kegiatan utama di dalam pemeliharaan ternak meliputi sanitasi ternak dan lingkungan kandang, pemberian pakan ternak baik hijauan maupun pakan tambahan (konsentrat), penyediaan air minum, pemeliharaan ternak berdasarkan umur atau status ternak (sapi donor, resipien, pedet, dll), dan melakukan pencatatan populasi serta pemberian pakan harian.

Secara rinci, kegiatan pemeliharaan yang dilakukan peternak sapi donor, resipien, pedet hasil TE adalah sebagai berikut:

• Sanitasi Kandang
Secara umum perawatan sapi donor dan resipien meliputi; permbersihan lantai kandang, pembersihan bak makanan dan bak minum, memandikan sapi, pemotongan kuku dan pelepasan sapi di lapangan untuk exercise. Sanitasi kandang dilakukan 2x setiap hari oleh petugas kandang yaitu pada pagi dan sore hari. Pertama, membersihkan kotoran/feces yang kemudian di tampung di dalam drum untuk kemudian dijadikan pupuk organik. Kedua, membersihkan sisa pakan ternak kemudian dibuang. Ketiga, menyemprot dan menyikat lantai kandang sampai bersih dengan menggunakan sikat dan air. Keempat, melakukan pembersihan bak pakan dan air minum dengan menggunakan sikat sampai bersih kemudian membersihkan dan mengganti air desinfektan di sekitar kandang. Kelima, membersihkan langit-langit dan tembok di sekitar lingkungan kandang.

• Sanitasi Ternak
Sanitasi ternak dilakukan setelah proses sanitasi kandang selesai dan dilakukan 2x setiap hari oleh petugas kandang pada pagi dan sore hari. Pertama, membersihkan sisa kotoran/feces yang menempel pada tubuh ternak dengan cara menyemprot dan menyikat tubuh ternak mulai dari badan hingga kaki/kuku ternak. Tujuannya yaitu agar pada saat akan dilakukan program kondisi ternak dalam keadaan bersih.
Pekerjaan memandikan dilakukan 2 kali setiap harinya, sedangkan pembersihan lantai kandang juga minimal 2 kali setiap harinya. Namun demikian apabila terdapat kotoran sapi maupun rumput sisa yang berserakan di lantai kandang di luar pembersihan rutin, maka perlu dilakukan pembersihan secepatnya. Kotoran tersebut dimasukan ke dalam selokan atau tempat penampungan kotoran (drum plastik) yang disediakan.

• Pemberian HMT
Setelah bak pakan dan bak air bersih baru diisi dengan makanan yang pelaksanaan pemberiannya disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan. Frekuensi pemberian pakan yaitu dua kali sehari pagi dan sore. Pemberian pakan hijauan ini berdasarkan perhitungan 10% dari bobot badan (Contohnya: jika BB 500 Kg maka Hijauan kurang lebih 50 kg). Jenis Hijauan yang tersedia adalah jenis King grass, Taiwan, Brachia Decumbens,Star Grass dan rumput lapang lain.

• Pemberian Pakan Konsentrat
Pakan konsentrat diberikan satu kali dalam sehari yaitu pada siang hari setelah pemberian pakan hijauan. Untuk sapi donor kandungan CP 14-16 % sedangkan untuk sapi resipien kandungan CP 12-14 %. Pemberian konsentrat dilakukan berdasarkan perhitungan 1-1.5 % dari bobot badan. (BB 500-600 kg maka konsentrat antara 5-7.5 kg).

• Pemberian Air Minum
Setelah bak air minum dibersihkan setiap hari, baru diberi air yang bersih. Pemberian air minum diberikan secara ad-libitum atau tidak dibatasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s