Pakan · Tanaman Buah · Ternak Dombing

Model Penyediaan Pakan Hijauan Bagi Ternak Kambing di Ekosistem Kebun Jeruk

Sumber Gambar: http://www.google.co.id
Integrasi ternak kambing dengan perkebunan jeruk sangat potensial untuk dikembangkan dalam hubungan saling menguntungkan. Namun demikian, integrasi ini masih menghadapi kendala keterbatasan pakan hijauan untuk kambing. Penyediaan pakan hijauan dapat berupa (1) penanaman Brachiaria ruziziensis (rumput Ruzi) secara monokultur atau (2) hijauan campuran antara Stenotaphrum secundatum (rumput Steno) dan legum Arachis glabrata di bawah tanaman jeruk menghasilkan. Tambahan produksi hijauan didapatkan dari penanaman rumput Paspalum gueonarum dan legum Stylosanthes guianensis yang ditanam di sepanjang batas lahan. Khusus untuk dataran tinggi, juga dapat ditanam Caliandra calothyrsus sebagai tambahan sumber protein.
Beberapa keunggulan teknologi dari hijauan pakan ternak adalah 1) Produktivitas hijauan pakan ternak dan kapasitas tampung cukup tinggi. Hasil hijauan rata-rata berkisar antara 8,76 ton bahan kering (BK) – 15,4 ton BK/ha/th atau 54,75 ton – 96,25 ton bahan segar/ha/tahun. Hasil hijauan ini cukup untuk menampung 56-97 ekor kambing dewasa/ha, 2) Kandungan gizi pakan hijauan cukup baik. Rumput memiliki kandungan protein kasar 11,4 – 13,9%, dan legume 17-22%, energi 3,12 – 3,23 Mkal/kg, 3) Mampu menekan pertumbuhan gulma. Gulma secara konsisten dapat ditekan oleh rumput Ruzi dan Steno, dan 4) Tidak mengganggu produksi jeruk. Penanaman hijauan tidak mengganggu kondisi batang, daun, dan buah jeruk.
Teknologi model penyediaan pakan hijauan bagi ternak kambing dikembangkan sebagai rintisan pengembangan teknologi dan telah memiliki mitra kerja sama dengan perguruan tinggi dan Bappeda.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s