Tanaman Hias · Teknologi Hasil · THP Pertanian

Panen Bunga Sedap Malam

Sumber Gambar: http://www.kanisiusmedia.com
Penanaman bunga sedap malam yang telah ditanam menggunakan beberapa prinsif komponen PTT yang gak terpisahkan antara lain penentuan pemilihan komoditas adaptif sesuai sifat agroekologi dan musim tanam, rekayasa lingkungan optimal yang tidak kodusif untuk perkembangan hama dan penyakit atara lain menggunakan (rumah kaca/plasti, dilindungi dengan paranet atau jala dana lainnya), varietas unggul tahan hama dan penyakit, pola tanam, pengelolaan hara, tanah, air, gulma, penerapan system PHT, pengelolaan tanaman optimal, panen tepat waktu, penanganan pascapanen, dan pemasaran dengan efisien sehingga usaha yang diharapkan hasilnya dapat optimal.
Dari diskrepsi Bunga Sedap Malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Bunga sedap malam mempunyai ciri bahwa tangkai bunga muncul di ujung tanaman berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Di setiap ruas muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa. Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga (terkadang lebih) dengan mahkota bunga berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujung. Mekarnya bunga Sedap Malam tidak serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga bagian bawah akan mekar terlebih dahulu lalu menyusul kuntum-kumtum bunga di atasnya secara berurutan.
Umur panen pertama 25-30 minggu setelah tanam, tinggi tanaman 44.5-55.2 cm, bentuk tanaman tegak, jumlah anakan per rumpun 12.3-16.4,bentuk bunga Seperti terompet, jumlah kuntum bunga per tangkai 54-67, aroma bunga harum, produksi bunga 1-3 tangkai/rumpun/tahun. Lama kesegaran bunga 4-6 hari Beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai medium dengan altitude 50-600 m dpl
Bunga Sedap Malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong bunga yang menjadi flora Identitas provinsi Jawa Timur ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari. Bunga Sedap Malam banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk berbagai keperluan. Selain itu bunga Sedap Malam juga dapat diolah sebagai bahan pembuat parfum.
Panen bunga sebagai bunga potong dilakukan saat satu atau dua kuntum bunga telah mekar. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga dengan gunting atau menarik tangkai bunga hingga terlepas dari rumpun tanaman. Masa produktif tanaman sedap malam mencapai umur 2 tahun setelah tanam. Setiap rumpun tanaman dapat menghasilkan bunga 3 – 5 tangkai bunga potong.
Untuk mendapatkan mutu dan kualitas bunga yang sesuai dengan permintaan pasarsebaiknya dipanen setelah jumlah kuntum bunga bunga telah mekar 2 – 3. Seragam akan panjang tangkainya (90 – 100 cm), seragam akan panjang tangkainya (> 30 cm), jumlah kumtum bunga seragam dan bebas dari hama dan penyakit.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s