Pertanian · Umum

Kandungan Manfaat Daun Sirih Merah

Kandungan dan manfaat daun sirih merah memang sudah terkenal dan sudah cukup familiar di kalangan pencinta tumbuhan herbal. Tumbuhan yang satu ini memiliki sebutan ilmiah, sebutan ilmiah tumbuhan sirih merah ialah Crocatum Piper. Sirih merah masuk kedalam jenis tumbuhan anggur, daun dari tumbuhan ini berbentuk seperti hati dan berwarna merah kehijauan.

Sirih merah biasanya sangat mudah dikembangkang/ dibudidayakan di daerah yang memiliki dataran tinggi. Cara pembudidayaan tumbuhan ini juga tergolong sangat mudah, yaitu hanya memotong dari bagian batang sirih merah dan dimasukkan ke kolibet lalu di letakkan diarea lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara langsung ( kalau didesa sihh biasanya ditanam di sekitar pembuangan air orang mandi/ bahasa jawanya peceren heheh).

Jika saat penanaman tumbuhan ini diletakkan pada tempat/area yang dapat langsung terjangkau oleh sinar matahari, maka kemungkinan besar sirih merah tidak akan bisa hidup, karena batangnya lama-kelamaan akan mengalami pengeringan, serta berbagai kandungan sirih merah akan menghilang bersama penyusutan batangnya.

Kandungan Daun sirih merah
Tumbuhan ini mengandung berbagai macam Zat-zat kimia, adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini adalah seperti adanya kandungan, allylprokatekol, alkaloid, kandungan cineole, kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri dan masih banyak kandungan dari daun sirih merah lainnya yang bermanfaat.

Manfaat yang dapat kita ambil dari berbagai zat kimia/ kandungan tumbuhan sirih merah untuk kesehatan badan:

1. Sirih merah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti, dapat memberikan anti kanker alami, antioksidan, sebagai tumbuhan anti-inflantasi, anti septic dan antideabetik, mengapa sirih merah dapat memberikan manfaat sebegitu besarnya, hal ini dikarenanakan tumbuhan sirih merah mengandung zat flavonoid polivenol.
2. Manfaat sirih merah yang kedua dapat memberikan perlindungan bagi tubuh agar proses pertumbuhan yang terjadi pada sel kanker dalam tubuh dapat terhambat. Hal ini didasari bahwa sirih merah mengandung senyawa kimia yang bernama alkaloid.
3. Sirih merah ternyata dapat berguna untuk obat alami antijamur serta dapat digunakan juga sebagai obat alami disinfektan. Kenapa begitu? karena daun sirih merah ternyata mengandung zat karvakol, zat inilah yang kemudian memberikan manfaat anti jamur dan desinfektan alami.
4. Tak berhenti disitu saja sirih merah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang lebih popular dikenal dimasyarakat sebagai obat alami penenang, hal ini diperkuat dengan adanya senyawa eugenol yang terkandung pada tumbuhan sirih merah.
5. Kandungan atau senyawa kimia Tannin, senyawa kimia ini ternyata memiliki peran untuk kesehatan tubuh terutamanya berguna untuk obat alami penyembuh diare/ mencret, dan bermanfaat baik sebagai tumbuhan herbal antiseptic penyembuh luka sayat.

Selain itu manfaat daun sirih juga pernah di terapkan di mamalia kecil yaitu tikus putih, Sebuah pakar studi mereka pernah membuktikan akan manfaat sirih merah yang direbus kemudian di minumkan pada seekor tikus yang memiliki penyakit diabetes, dan alhasil tikus tersebut tersembuh dari penyakitnya.

Sehingga dari pembuktian diatas, membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah memang dapat dimanfaatkan untuk obat alami pengontrol dan penyembuhan gula darah dalam tubuh, walaupun penelitian itu dilakukan di hewan namun sudah terbukti juga pada manusia (sebagai obat alami diabetes mellitus).

Nah sebenarnya hampir semua manfaat sirih merah sudah terpapar diatas, namun jika dilihat dari berbagai kandungannya, sirih merah ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, adapun penyakit yang bisa disembuhkan oleh sirih merah adalah nyeri sendi/ pegal linu, mata merah/ radang mata, penyakit hipertensi, liver, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara pemanfaatan sirih merah untuk obat herbal dengan cara perebusan anda bisa mencoba, cara-cara dibawah ini:

* Siapkan bahan:
* Daun sirih merah sekitar 5 lembar ( kata orang jawa kuno ambil daun yang ketemu ruas).
* Air 2 gelas
* Cara perebusannya:
* Cuci dahulu sirih merah yang sudah disiapkan sampai benar-benar bersih
* Masukkan kedalam panci dan ditambah air yang sudah kita siapkan ( 2 gelas air)
* Masak di api sedang dan biarkan hingga mendidih dan hanya tersisa separonya saja alias 1 gelas saja.
* Ambil dan saring air rebusannya dan dinginkan terlebih dahulu
* Minum Air rebusan sekitar sehari 3 kali perhari, minum air rebusan sebelum anda makan.
* Namun anda juga bisa menambahkan madu secukupnya untuk menghilangkan rasa pahit dari air rebusan daun sirih tersebut.

Catatan tambahan: jika anda memiliki penyakit diabetes tidak dianjurkan untuk menambah pemanis, baik itu gula maupun madu. Dan jika anda sudah mendapatkan manfaatnya, (penyakit anda sembuh) jangan lanjutkan minum air rebusan ini, karena air rebusan yang dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu lama (pengonsumsiannya hingga lama) bisa tidak baik juga untuk kesehatan terutamanya masalah pencernaan, hal ini disari sifat tumbuhan ini sebagai antiseptik dan antibiotik.

Rebusan daun sirih merah usahakan juga jangan dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, dan anak dibawah umur 7 tahunan, walaupun belum ada studi yang mengatakan bahwa sirih merah berbahaya namun alangkah lebih baiknya mencegah dari pada terjadi yang tidak diinginkan iya tidak heheheh.

Sirih Merah untuk mongobati Penyakit diabetes.
Selain dikonsumsi dengan cara direbus langsung daun sirih merah juga dapat anda jadikan teh dulu. Namun teh ini juga sangat bermanfaat lo, tak kalah manfaatnya jika direbus langsung, dan tentunya cara ini lebih praktis nantinya.

Adapun cara membuat teh untuk mengobati penyakit diabetes adalah sebagai berikut:

* Siapkan daun sirih secukupnya
* Lalu keringkan daun itu di terik matahari
* Nah daun yang sudah kering itu nantinya bisa anda buat untuk mengobati diabetes
* Seduh teh daun sirih menggunakan air panas dan diamkan dulu hingga dingin
* Minum teh ini rutin sampai diabetes anda hilang atau sembuh.
* Jika sudah sembuh maka tidak perlu mengkonsumsi rebusan ini lagi rutin, karena untuk jaga-jaga supaya tidak membahayakan pencernaan anda, walaupun belum ada studi yang mengatakan demikian.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Kandungan dan ManfaatDaun Sirih Merah untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. amiiin, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s