Lain - Lain · Peternakan

Peluang Usaha Ternak Bebek

Peluang Usaha Ternak Bebek
Peluang usaha ternak bebek sanagat banyak jenisnya dan menjanjikan hasilnya. Jika anda memiliki keterbatasan waktu untuk merawat ternak maka salah satu bisnis ternak yang bisa anda ambil adalah usaha ternak bebek ini, kenapa demikian? Karena manajemen ternak bebek tidak rumit, khusunya bial bebek sudah masuk umur layer (untuk petelur). bebek membutuhkan banyak waktu perawatan hanya pada masa DOC – 1 bulan, selebihnya bebek dapat dilihat atau dikontrol hanya 2 kali sehari. Adapun peluang-peluang usaha yang bisa diambil pada peternakan bebek ini diantaranya:

Budidaya
Dalam hal ini bisa budidaya bebek petelur, ataupun pedaging. Untuk bebek petelur masa panen akan berlangsung lama dan penghasilan didapatkan secara bertahap dari hari ke hari. Pada bebek pedaging penghasilan akan diperoleh sekali gus dan masa panennya lebih pendek daripada bebek petelur. Peluang usaha budidaya bebek ini cocok dilakukan di daerah yang tidak terlalu pada penduduk, sebab aroma kandang bebek kurang enak. Lagipula seluruh Indonesia ada peraturan tentang jarak kandang ternak unggas dengan pemukiman warga, sebainya dalam membangun bisnis ternak hal ini kita patuhi bersama.

Jikalaupun kita tidak memiliki lahan selain pekarangan rumah kita bisa mengambil alternatif seperti menyewa lahan, atau mencari peluang usaha lain yang cocok dilakukan di pekarangan rumah. Jangan karena niat berusaha kita mengabaikan Peraturan Pemerintah.

Agen penanpung telur bebek
Harga telur bebek dari waktu ke waktu semakin meningkat, begitu juga dengan permintaan akan telur. Bisa dipastikan telur bebek dari peternakan tidak pernah tidak terjual, selalu saja telur bebek habis ditampung oleh pasar. Jika kita memiliki bakat dalam dagang maka peluang usaha menjadi pengumpul telur bebek ini bisa kita jadikan sebagai usaha pokok. Untuk usaha sampingan rasanya menjadi seorang pengepul tidaklah cocok.

Usaha packaging dan pembersihan telur bebek
Anda tahu bahwa sebahagian ibu rumah tangga lebih suka membeli telur bebek yang ada di supermarket? Kenapa demikian? Itu karena telur di supermarket sudah dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi nilai tambah dalam penjualan telur tersebut, selain itu telur yang dijual di supermarket sudah dibersihkan. So pasti ibu-ibu lebih suka memilih telur bebek yang bersih bukan. Nah perilaku konsumsi telur bebek seperti ini adalah peluang usaha bila kita memang bisa memanfaatkannya.

Usaha pengolahan telur bebek.
Olahan telur bebek yang bisa dijadikan peluang usaha salah satunya adalah pembuatan telur asin. Umumnya telur asin dibuat dari telur bebek, dan cara pembuatan telur asin ini sanagt sederhana. Anda hanya perlu memberisihkan kulit cangkang telur dan melumurinya dengan abu dapur atau abu pembakaran sekam padi yang telah diberi garam selama beberapa hari. Harga telur asin jauh lebih mahal daripada harga telur bebek biasa. Padahal modal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah telur asin tidaklah jauh dari harga sebutir telur bebek biasa.

Usaha produksi pakan bebek.
Peluang ini mungkin sebaiknya diambil oleh kalangan yang memiliki modal besar, sebab persaingan usaha dalam bisnis produksi pakan ternak ini sangat ketat, dan dilakoni oleh perusahaan-perusahaan multinasional seperti Japfa dan CP. Namun demikian bila anda memiliki inovasi dalam pakan tambahan seperti suplemen agar bebek cepat besar, agar telur banyak. Maka inovasi seperti itu dapat digunakan sebagai peluang usaha.

Poultry shop
Poultry shop adalah toko yang menjual pakan ternak, peralatan kandang, obat-obatan dan vitamin utnuk ternak. Poultry shop tidak hanya menjual pakan, obat dan peralatan tenrak bebek tapi juga menjual untuk ternak ayam, sapi, kambing, kerbau, ikan dan lainnya. poultry shop bisa dibuka di semua daerah, baik itu daerah sentra peternakan maupun bukan sentra peternakan. Sebab orang yang memelihara ternak hias seperti kelinci, burung dan ikan juga sering mencari pakan peliharaan mereka di poultry shop.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s