Umum

Alergi pada bulu anjing…. mending baca ini….

Banyak orang mengatakan jika ia alergi pada bulu anjing sehingga tidak bisa memelihara anjing dirumah padahal keinginan untuk memelihara anjing sangat besar. Alergi pada bulu anjing bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit, sesak nafas, batuk atau bersin. 

Sebenarnya, bulu anjing tersebut tidak menyebabkan alergi pada manusia tetapi menurut penelitian, alergi tersebut disebabkan oleh zat protein yang menempel pada bulu anjing. Darimana adanya zat protein yang menempel pada bulu anjing ini? zat protein itu berasal dari minyak yang dihasilkan oleh kulit anjing atau air liur anjing. Air liur anjing menempel pada bulu karena anjing menjilati tubuh mereka untuk membersihkan.

Mungkin para dokter menyimpulkan bahwa anjing adalah penyebab alergi pada manusia sehingga manusia yang menderita alergi pada bulu anjing divonis untuk tidak boleh memelihara anjing. Logika saja, jika benar bulu anjing menyebabkan alergi maka orang yang menderita aleregi pada bulu anjing akan sangat sengsara karena banyak orang disekitarnya yang memelihara anjing.

Menetapkan apakah kita menderita alergi tidak bisa menggunakan cara perkiraan menggunakan mata belaka atau perasaan (feeling) saja tetapi harus dilakukan tes secara klinis untuk membuktikan penyebab alergi. Anda bisa melakukan tes alergi di rumah sakit yang memiliki fasilitas tes alergi.

Bagaimana jika anda memang terbukti secara klinis menderita alergi tetapi masih ingin memelihara anjing? Beberapa tips dibawah ini mungkin dapat menjadi solusi untuk anda:

1. Tetapkan area bebas anjing dirumah anda. Area tersebut adalah area dimana anda bisa berada dalam jangka waktu panjang seperti kamar tidur atau ruang keluarga. Area seperti kamar tidur atau sofa yang biasanya terbuat dari bahan kain dimana bulu anjing bisa menempel dengan mudah. 

2. Bersihkan rumah anda menggunakan mesin penghisap debu (vacuum cleaner) agar bulu-bulu anjing yang menempel dapat terhisap dan berkumpul di satu tempat. Jangan menepuk-nepuk bantal atau sofa anda karena bulu-bulu anjing akan berterbangan dan berpindah ketempat lain. Jangan gunakan sapu untuk menyapu lantai karena bulu-bulu yang ada pada lantai juga akan mudah berterbangan.

3. Rawat anjing anda dengan memandikannya secara teratur dan benar agar minyak atau air liur pada bulu anjing anda dapat disingkirkan. Gunakan shampoo yang khusus diformulasikan untuk bulu anjing karena shampoo seperti ini memang dikondisikan untuk menyingkirkan minyak pada bulu anjing anda. Kami sarankan, sebaiknya anda tidak memandikan anjing anda sendiri tetapi menggunakan jasa salon hewan agar pada saat mengeringkan menggunakan blower, bulu anjing tidak menggangu anda.

4. Pilih jenis anjing yang tidak memiliki bulu halus (undercoat) karena anjing yang memiliki bulu halus akan lebih mudah rontok sehingga membuat rumah anda penuh dengan bulu. Anjing yang tidak memiliki bulu halus adalah Shih TzuPoodleYorkshire Terrier atau Maltese

5. Jika anda terpaksa untuk memiliki anjing dengan bulu halus, anda wajib menyisir anjing tersebut secara berkala menggunakan sisir atau sikat khusus yang dapat menangkap bulu-bulu halus tersebut. Ingat, pada saat menyisir bulu anjing anda, lakukanlah diluar rumah.

6. Ingat, hindari menggendong atau memeluk anjing anda karena besar kemungkinan bulu anjing akan tertinggal pada baju anda. Jika terpaksa untuk memeluk anjing anda, gunakan masker dan jangan lupa untuk langsung membersihkan baju anda. 

Pada dasarnya, manusia diciptakan dengan kemampuan untuk beradaptasi. Tubuh akan menyesuaikan secara perlahan, sama seperti seorang atlit lari marathon yang pada mulanya hanya sanggup berlari sejauh 1 kilometer tetapi dengan latihan rutin mereka bisa berlari hingga lebih dari 10 kilometer. Banyak cerita pengalaman dari penderita alergi bulu anjing yang dulunya mudah sekali tercetus alergi begitu melihat anjing tetapi setelah beberapa waktu sudah bisa lebih membaik dan bahkan ada yang sudah tidak pernah bermasalah lagi dengan bulu anjing. 

Lakukan secara bertahap, mungkin untuk tahap awal anda tidak perlu langsung memiliki anjing tetapi berkunjung ke rumah kerabat anda yang memiliki anjing secara berkala. Jika tubuh anda sudah siap, baru anda boleh memikirkan untuk memiliki seekor anjing dirumah anda. Ingat, lakukan secara bertahap.

Sumber : anjingkita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s