Anjing · Hewan Kesayangan

Anjing terpintar didunia

Border Collie Berasal dari Inggris, Sejak dahulu Border Collie diakui seluruh dunia sebagai jenis /trah anjing yang paling cerdas, pekerja keras, stamina yang mengagumkan sepanjang sejarah sebagai anjing penggembala, saat ini Border Collie juga dijadikan teman bermain dirumah, untuk kompetisi gembala ternak, maupun untuk dogsport, terutama agility dogsport.

Naluri alaminya untuk menggiring domba dan memiliki intelijensi yang tak tertandingi sehingga sangat mudah dilatih. Sifat Border Collie adalah jenis anjing yang berenergi tinggi, suka bekerja, bermain dan merupakan jenis anjing yang suka belajar hal-hal baru, penjaga yang handal.

Border Collie merupakan jenis anjing pekerja yang tidak pernah letih dan bosan melakukan tugasnya. Anjing ini sangat setia pada tuannya.

Fungsi
Sebagai anjing gembala, anjing keluarga, anjing kompetisi (agility) ketangkasan, anjing atraksi (rekor trah ini bisa menguasai diatas 1000 perintah), anjing penangkap piringan (Frisbee)

Perawatan dan pemeliharaan
Pemilik dari Border Collie harus mampu memberikan banyak latihan dan aktivitas. Anjing ini membutuhkan pekerjaan. Border Collie membutuhkan banyak aktivitas fisik dan mental setiap hari untuk memenuhi penyaluran tenaganya untuk bekerja dan perkembangan intelijensinya. Border Collie dapat hidup di luar ruangan di tempat yang beriklim dingin, tapi juga suka menikmati berada bersama keluarganya di dalam rumah juga. Anjing ini juga cocok untuk teman anak-anak bermain, sangat mudah dilatih, para pelatih dunia menyebut mereka sebagai Einsteinnya di anjing.

KARAKTERISTIK:
Border Collie sangat cerdas, dengan kecenderungan naluri untuk bekerja dan sangat responsif terhadap pelatihan. Ekspresinya yang Tajam, waspada dan sangat bersemangat menambah penampilannya semakin terlihat cerdas, tampilannya memenuhi Setiap aspek, struktur dan temperamen memenuhi syarat anjing kerja.

PENAMPILAN UMUM:
Penampilan umum anjing harus proporsional, menunjukkan kualitas, keanggunan dan keseimbangan sempurna, dikombinasikan dengan substansi yang cukup untuk memastikan bahwa ia mampu bertahan lama dari aktivitas dalam tugasnya sebagai anjing pekerja.

Kepala:
Tengkorak yang luas dan datar di antara telinga, sedikit menyempit ke bagian mata tapi tidak menonjol. Moncong yang meruncing ke hidung, kuat dan memiliki panjang yang sama seperti tengkorak. Bibir yang rapat, bersih dan hidung besar dengan lubang hidung terbuka. Warna hidung pada semua anjing akan menjadi warna solid tanpa pigmen merah muda atau cahaya, dan sama dengan warna dasar dari anjing.

Mata :
Mata berbentuk oval dengan warna sesuai warna bulu namun warna gelap lebih baik, kecuali untuk warna cokelat dimana warna mata yang lebih terang diperbolehkan dan untuk kasus Merle, mata berwarna biru diperbolehkan, ekspresi mata lembut, waspada dan terlihat pintar.

Telinga :
Telinga Border Collie berukuran sedang dan bertekstur, letaknya sejajar , ada yang tegak dan ada yang sedikit berdiri dan tertutupi dengan bulu.

Mulut :
Gigi harus kuat, proporsional, bagian bawah dibelakang bagian atas pada saat tertutup, disebut Scissor bite (menggunting).

Leher :
Leher harus terlihat kuat ,panjang proporsional dan maskulin, berkulit kencang hingga bahu tanpa gelambir.

Badan bagian Depan :
Bahu dan lengan atas sama panjangnya, tinggi pada siku adalah setengah dari tinggi pundak, dan sejajar ketika dilihat dari depan.

Badan :
Atletis, terlihat ringan dan lincah saat bergerak.

Bagian belakang :
Maskulin dan terbentuk dengan baik, kuat dan cukup terangulasi (sedikit bersudut). Posisinya sejajar ketika dilihat dari belakang.

Kaki :
Sejajar, terlihat kuat, kuku pendek, telapak kuat.

Ekor :
Panjang, ekor naik jika sedang senang, berbulu tebal, tidak melengkung ke atas badan.

Gerakan :
Gerakannya bebas, ringan, dan tidak pernah lelah, dari depan terlihat lurus, Cowhocks / bowhocks merupakan kesalahan yang serius.

Bulu :
Bersusun dua, dengan bagian luar panjang dan bagian dalam pendek, di bagian muka, telinga, kaki, bulu pendek dan halus.

Warna bulu :
berbagai macam warna diperbolehkan, tapi warna putih tidak boleh sangat dominan.

Ukuran :
Tinggi jantan : 48 -53 cm
Tinggi betina : 46 – 51 cm

Kesalahan :
Setiap kesalahan yang tidak sesuai butir – butir diatas, Gigi tidak menggunting (undershot,overshot).

Sumber : Anjingkita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s