Lain--lain · Perikanan · Umum

Budidaya Udang Windu

 

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya usahakan agar bisa kuat menahan air  dan membuang air supaya kualitas airnya akan terjaga, untuk dasar tambaknya sendiri usahakan memiliki tanah yang kondusif karena udang biasanya sangat aktif di dasar tanah untuk mencari makan supaya pertumbuhan dan kehidupannya bisa baik. Untuk pelengkapnya bisa ditambahkan kapur supaya pH tanahnya menjadi 6.0 dan selalu berikan pupuk organik supaya pakan alami untuk udang selalu ada.

Pengairan tambak

Air yang digunakan untuk budidaya ini sebaiknya bebas dari hama atau polutan yang berbahaya, pada saluran irigasi air bisa dipasang penyaring agar kotoran-kotoran air bisa tersaring dan tidak masuk dalam tambak. Bila kondisi tambak dan air sudah siap bisa memulai untuk menyebarkan benih udang dan pastikan bahwa benih yang disebarkan itu sehat, ciri-ciri benih yang sehat itu seperti responsif, organ tubuhnya lengkap, serta warna tubuh yang transparan disertai warna kecoklatan atau kehitaman. Untuk memasaukkan benih pada tambak terlebih dulu benih harus dimasukkan dalam plastik dan ditaruk di sekitar atau di pojok tambak lalu dengan sendirinya secara perlahan benih itu akan keluar menuju tambak, hal ini dilakukan supaya benih udang tersebut terhindar dari stres di tempat yang baru.

Pemberian pakan

Untuk tahapan awal budidaya ini berikan crumble dengan dibasahi air agar mudah tenggelam, untuk pemberian pakan ini harus diperhatikan dengan baik semisalnya antara 5 sampai 7 hari sebelum bulan purnama berikan tambahan pakan sekitar 10% lalu saat bulan purnama pemberian pakan dikurangi 10 hingga 20 %. Bila temperatur berkurang hingga 25 derajat biasanya bulan juli sampai september pemberian pakan bisa dikurangi sampai 30%.

Masa panen

Untuk bisa memanen udang windu biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan, untuk memanen udang sebaiknya dilakukan pada malam hari supaya udang tidak rusak karena tingginya temperatur pada siang hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s